Sunday, June 04, 2006

Kepribadian: Enneagram

Manusia selalu tertarik (atau.. sering gak kenal) dengan dirinya sendiri. Macem-macem yang manusia buat.. bikin pengelompokan sifat-sifat, ngukur-ngukur intelejensia—dari kemampuan matematika sampai spiritual—IQ, EQ, SQ, dan Q-Q lainnya. Ada yang menarik saya beberapa hari yang lalu di toko buku bagian psikologi. Di sana ada buku yang bertitel Enneagram. Pinging tahu.. saya baca.. menurut penulisnya, manusia dikelompokkan dalam 9 tipe. Yang mana tipe Anda?


1 Si Visioner: Rasional dan Idealis


Tipe ini sangat mematuhi aturan, punya tujuan/ideal/pedoman yang jelas, menguasai-diri, dan perfeksionis abis! Ketakutan terbesar: tampak buruk/jahat dan tak sempurna. Kebutuhan dasar: menjadi orang yang sempurna, punya integritas, menjadi seimbang.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-2, menjadi Sang Pengacara yang detail dan tajam hingga condong ke sayap-9, menjadi Idealis.

Bila tertekan/stress, tipe-1 yang sangat kaku (metodis) ini menjadi moody dan gampang tersinggung seperti tipe-4 yang Perasa. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-1 yang pemarah dan kritis ini akan lebih spontan dan ceria seperti tipe-7 yang Bersemangat.


2 Sang Penolong: Penyayang dan Interpersonal

Tipe ini gemar berbagi, menunjukkan apa yang dirasakannya kepada orang lain, berusaha menyenangkan orang lain dan posesif. Ketakutan terbesar: merasa tidak diperlukan, tak cukup berharga untuk dicintai. Kebutuhan dasar: merasa dicintai.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-1, menjadi Sang Pelayan yang selalu siap sedia hingga condong ke sayap-3, menjadi Sang Tuan Rumah yang memiliki segalanya untuk membantu.

Bila tertekan/stress, tipe-2 yang selalu ingin dibutuhkan ini menjadi agresif dan mendominasi seperti tipe-8 yang Berkuasa. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-2 yang bangga-diri dan sering berpura-pura ini akan lebih menyayangi diri dan menyadari keinginan juga perasaannya seperti tipe-4 yang Halus.


3 Si Jawara: Mengejar Sukses dan Pragmatik

Tipe ini mudah beradaptasi, selalu berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya, punya keinginan yang kuat untuk mengapai sesuatu dan sangat memperhatikan 'penampilan'. Ketakutan terbesar: gagal dan tidak berguna. Kebutuhan dasar: berharga dan penting.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-2, menjadi Orang Baik-baik yang menawan hingga condong ke sayap-4, menjadi Profesional Sejati yang flamboyan.

Bila tertekan/stress, tipe-3 yang berkeinginan keras ini menjadi cuek dan bebas seperti tipe-9 yang 'Tak Perduli'. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-3 yang sering memperdaya ini akan lebih bisa bekerja sama dan berkomitmen seperti tipe-6 yang 'Setia'.


4 yang Romantis: Perasa dan Menikmati Kesendirian

Tipe ini ekspresif, hidup bagai dalam drama, individualis dan tempramental. Ketakutan terbesar: tidak punya status/identitas yang tegas atau merasa diri tak diinginkan. Kebutuhan dasar: menemukan peran dan posisinya (untuk menciptakan identitas).

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-3, menjadi Sang Aristrokrat yang agung hingga condong ke sayap-5, menjadi Bohemian yang punya hidup unik.

Bila tertekan/stress, tipe-4 yang menjaga jarak ini berubah jadi terlalu ikut campur dan bergantung seperti tipe-2 yang Selalu Ingin Terlibat. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-4 yang pencemburu dan emosinya bagai roller coaster ini akan lebih objektif dan bermoral seperti tipe-1.


5 Si Detektif: Intens dan Pemikir

Tipe ini tajam, intelektual, inovatif, menyimpan rahasia dan suka mengisolasi diri. Ketakutan terbesar: merasa tak bisa mengerjakan sesuatu, tak bisa membantu, atau tak terampil. Kebutuhan dasar: mampu dan berkompeten.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-4, menjadi Iconoclast yang tak tak segan menyerang idola orang banyak hingga yang condong ke sayap-6, menjadi Pemecah Masalah.

Bila tertekan/stress, tipe-5 yang mandiri ini tiba-tiba menjadi hiperaktif dan tidak fokus mirip tipe-7 yang selalu Bersemangat pada banyak hal. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-5 yang rakus ini akan lebih percaya diri dan tegas mengambil keputusan seperti tipe-8 yang gemar Bertualang.


6 yang Tak Pernah Ingkar: Berkomitmen dan Mencari Rasa Aman

Tipe ini menawan dan menarik perhatian, bertanggung jawab, gelisah dan selalu curiga. Ketakutan terbesar: merasa tak didukung dan tak punya petunjuk apa yang harus dilakukan. Kebutuhan dasar: rasa aman dan penyemangat dari luar.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-5, menjadi Pelindung yang serba detail mengawasi hingga yang condong ke sayap-7, Sahabat Sejati.

Bila tertekan/stress, tipe-6 yang penuh rasa taggung jawab ini tiba-tiba menjadi kompetitif dan arogan seperti tipe-3 yang Keras. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-6 yang selalu ketakutan dan pesimistik ini akan lebih santai dan agak optimistik seperti tipe-9 yang Damai.


7 yang Selalu Semangat: Sibuk dan Suka Bersenang-senang

Tipe ini berpembawaan spontan, mudah sekali memasuki lingkungan baru, sangat materialistik dan tidak fokus. Ketakutan terbesar: kekurangan materi atau keuntungan dan menderita/sakit/luka. Kebutuhan dasar: terpuaskan dan kebutuhannya terpenuhi.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-6, menjadi Penghibur yang menyenangkan hingga condong ke sayap-8 yang Realis.

Bila tertekan/stress, tipe-7 yang tak fokus ini tiba-tiba menjadi perfeksionistik dan kritis seperti tipe-1 yang Kaku. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-7 yang gemar menyantap yang enak-enak ini akan lebih fokus dan tertarik pada kehidupan seperti tipe-5.


8 Sang Petualang: Perkasa dan Mendominasi

Tipe ini sangat percaya diri, pemberi solusi, punya keinginan kuat dan sering menantang orang lain. Ketakutan terbesar: disakiti dan dikendalikan pihak lain. Kebutuhan dasar: melindungi/menguasai diri dan nasibnya sendiri.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-7 yang Pemberontak hingga condong ke sayap-9 yang Manis.

Bila tertekan/stress, tipe-8 yang penuh percaya diri ini tiba-tiba menjadi tertutup dan takut seperti tipe-5 yang Isolatif itu. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-8 yang seksual dan mengendalikan ini akan lebih terbuka dan penyayang seperti tipe-2.


9 Si Santai: Asyik dan Mengecilkan Diri

Tipe ini sangat terbuka, mudah menghilangkan kegelisahan/ketakutan orang lain, penurut namun sering tak hirau pada pencapaian orang lain (dengan mengatakan ia pun bisa melakukan yang seperti itu). Ketakutan terbesar: kehilangan dan perpisahan. Kebutuhan dasar: diri yang tak bergejolak.

Varian tipe ini dapat berkisar dari sifat yang condong ke sayap-8 menjadi Wasit yang memastikan 'permainan' berlangsung dengan baik hingga condong ke sayap-1 yang Pemimpi.

Bila tertekan/stress, tipe-9 ini tiba-tiba menjadi gelisah dan takut seperti tipe-6 yang Penggelisah. Tapi bila merasa nyaman (dengan dirinya), tipe-9 yang pemalas/penunda-nunda dan rendah diri perduli pada perkembangan diri dan lebih berenergi seperti tipe-3.

2 Comments:

Blogger Gagah Putera Arifianto said...

Hiks....kayaknya saya masuk ke kategori si Visioner....padahal maunya si penolong...T_T bagus gak sih???

7:09 PM  
Blogger Madé Harimbawa said...

Semua ada plus-minusnya sendiri.. Gue ngeliatnya lebih sbg potensi peran yg dibawa masing-masing orang.

11:07 PM  

Post a Comment

<< Home